Kamis, 12 Juni 2014

Pedagogi dan Andragogi



Pedagogi dan Andragogi
Andragogi adalah proses untuk melibatkan peserta didik dewasa ke dalam suatu struktur pengalaman belajar (Alexander Kapp).
Asumsi Pedagogi dan Andragogi 
Dalam Konsep Diri, asumsi dalam Pedagogi adalah ketergantungan. Dimana anak-anak yang masih berada pada tingkat pendidikan 12 tahun belajar. Anak masih tergantung dari guru untuk mengikuti arahannya. Asumsi dalam Andragogi adalah peserta didik di tuntut untuk menjadi lebih mandiri dalam melakukan hal pembelajaran, tidak ada ketergantungan dari pengajarnya lagi. Dalam Pengalaman, asumsi dalam Pedagogi adalah berharga kecil, maksudnya adalah para peserta didik tidak mempunyai pengalaman yang cukup besar untuk membantunya menjadi mandiri dalam proses belajar, beda dengan asumsi Andragogi yang menyatakan bahwa Pelajar merupakan sumber daya yang kaya untuk belajar , dimana peserta didik sudah mempunyai wawasan yang luas dalam pengalaman pembelajarannya. Dalam Evaluasi, Pedagogi masih diberikan oleh guru, karena peserta didik belum mampu mengevaluasi dirinya sendiri dalam proses pembelajaran. Asumsi Andragogi, peserta didik sudah dapat mengukur/mengevaluasi dirinya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Dalam Desain, asumsi dalam Pedagogi adalah logika materi pelajaran unit konten, jadi para peserta didik menggunakan logikanya hanya dalam unit unit tertentu, belum bisa menyelesaikan masalah yang lebih rumit, dan hanya terpaku pada misalnya matematika yang diajarkan gurunya, ketika soal matematika tersebut lebih rumit daripada contoh, maka peserta didik akan merasa lebih sulit mengerjakannya, kalau dalam Andragogi, peserta didik diurutkan dalam hal kesiapan untuk unit masalah, yang dimaksud adalah anak peserta didik akan mulai siap dalam menyelesaikan masalah, tanpa pembimbingnya harus mengarahkan sampai rinci. Dalam Kegiatan, Pedagogi masih menggunakan teknik pelayanan, dimana peserta didik menggunakan teknik pelayanan dalam setiap kegiatannya, masih butuh bantuan orang sekitar dalam proses belajar. Sedangkan Andragogi menggunakan teknik pengalaman, di karenakan sudah lebih banyak menjalani proses belajar, sehingga pemikiran mereka terhadap belajar pun sudah mulai bisa dijalankan lebih aktif dari pada peserta didik Pedagogi. Dalam Iklim Belajar, peserta didik Pedagogi berorientasi otoritas, resmi dan kompetitif, yang dimaksud disini adalah peserta didik lebih kompetitif tetapi resmi, karena pedagogi hanya mengikuti alur yang diberikan oleh pengajar, sedangkan pada Andragogi, Mutualis/pemberian pertolongan,tata hormat, kolaborasi dan informal. Sudah dibuktikan bahwa peserta didik Andragogi dituntut untuk berkolaborasi, karena dalam proses belajar tersebut, banyak yang menggunakan kerja kelompok/tim, tidak banyak lagi yang dilakukan secara individu. Dalam Rumusan Tujuan, Pedagogi masih melalui guru, seperti yang dijelaskan tadi, bahwa peserta didik Pedagogi lebih terpaku kepada pengajar karena mereka belum bisa bergerak sendiri dalam proses belajarnya, jadi apapun yang diberikan pengajar, para peserta didik akan mengikuti instruksi dari pengajarnya. Sedangkan Andragogi, relisa negosiasi. Andragogi lebih belajar untuk berfikir yang informal, maka dari itu, setiap ada pembelajaran yang menurut mereka sangatlah rumit, maka timbulah rasa ingin bernegosiasi, sudah ada keberanian. Dalam Kesiapan, asumsi Pedagoginya adalah tekanan sosial, mengapa dikatakan seperti ini? Ya karena pedagogi masih mengikuti aturan-aturan dan terpaku kepada pengajar, maka perkembangannya mereka akan mendapatkan tekanan sosial, berbeda jauh dengan Andragogi yang menyatakan bahwa tugas perkembangannya adalah peran sosial, dimana mereka sudah bisa memilih mana yang baik untuk mereka, apa yang akan mereka lakukan, jadi sudah bisa lebih mandiri dan mengatur perannya sendiri. Dalam Perspektif waktu, Pedagogi masih melakukan aplikasi tertunda, karena peserta didik pedagogi masih menerima arahan dari pengajarnya dan masih diberi sanksi yang kecil, maka mereka masih melakukan yang namanya aplikasi tertunda, dalam segi menyelesaikan tugas, maupun mengasah ilmu. Sedangkan Andragogi lebih dalam hal kecepatan ilmu. Yang terakhir adalah Perencanaan, dalam asumsi Pedagogi, perencanaan proses belajar masih dilakukan oleh guru, dan peserta didik masih mengikuti aturan perencanaan dari pengajarnya, sedangkan Andragogi sudah dituntut untuk diagnosis diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar